Struktur Teks Ekspalanasi

Teks eksplanasi merupakan salah satu jenis teks yang ada di dalam Bahasa Indonesia. Sesuai dengan namanya, teks ini berisi tentang penjelasan sebuah proses atau tahapan dari terjadinya sebuah peristiwa. Biasanya peristiwa yang dibahas dalam teks ini berkaitan dengan beberapa bidang antara lain sosial, ilmiah, alam dan budaya. Namun muncul pendapat lain yang menjelaskan bahwa teks eksplanasi adalah teks yang sebuah teks yang berisi informasi terjadinya sebuah fenomena berupa fenomena alam, kehidupan sosial dan budaya serta ilmu pengetahuan alam.

Biasanya teks eksplanasi ini dapat anda temuka pada buku-buku sains, sejarah dan geografi. Seperti yang  telah diketahui bahwa peristiwa yang terjadi di sekitar anda pasti memiliki sebab dan akibat dengan peristiwa lainnya. Dengan demikian dalam teks eksplanasi maka terdapat hubungan sebab dan akibat dengan memakai aspeka bagaimana dan mengapa pada sebuah peristiwa yang terjadi. Secara lebih jelasnya, teks eksplanasi bertujuan menjelaskan mengapa dan bagaimana sebuah peristiwa terjadi.

Supaya anda lebih paham tentang teks eksplanasi maka anda juga perlu belajar atau membuat contoh teks eksplanasi. Namun sebelum itu ketahui juga stuktur teks eksplanasi diantaranya sebagai berikut.

  1. Pernyataan Umum
    Di dalam teks eksplanasi ternyata pernyataan umum yang berada di bagian awal. Dimana pernyataan umum ini memuat mengenai penjelasan umum dari sebuah topik atau peristiwa yang akan dibahas. Pernyataan umum tersebut dapat berupa pengenalan ataupun penjelasan singkat mengenai sebuah peristiwa.
  2. Deretan Penjelas
    Di bagian deretan penjelas terdapat informasi tentang sebab dan akibat sebuah peristiwa. Bagian deretan penjelan ini tersusun sedemikian rupa sehingga bisa menjelaskan mengenai sebuah peristiswa yang berurutan mulai awal sampai akhir.
  3. Interpretasi
    Bagian interpretasi ini adalah teks penutup serta bukan sebuah keharusan. Untuk bagian ini juga menjelaskan kesimpulan atau intisari dari bagian pernyataan umum serta deretan penjelas dari topik atau tema yang sedang dibahas dalam teks.

Demikianlah penjelasan mengenai stuktur teks eksplanasi yang bisa menambah wawasan anda. Bila anda ingin belajar lebih jelas dan jauh tentang teks eksplanasi maka silakan kunjungi link berikut ini.